Senin, 15 Oktober 2018

Metode Transaksi Unik Dan Canggih Di Dunia

Dulunya dalam melakukan transaksi jual beli Kita sering mendengar istilah kata "Barter" yakni sebuah metode membeli barang lalu menukar dengan barang yang nilainya sama. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, Penggunaan metode "Barter" sudah jarang sekali ditemukan karena sudah ditemukannya mata uang tunai sebagai alat pembayaran yang sah. Di masa yang bisa dibilang sudah modern ini bahkan Kita tidak perlu susah-susah membawa uang, cukup dengan satu kartu yang disebut Credit Card. Metode penggunaan Credit Card sudah banyak digunakan selain karena tidak repot juga terkesan karena keamannanya, Nah berbicara mengenai metode transaksi pada kesempatan kali ini Kita akan membahas tentang beberapa Metode Transaksi Unik Dan Canggih Di Dunia.


Bayar Dengan Senyum (Smile to Pay)



Sebuah gerai KFC di Tiongkok menerapkan metode pembayaran yang bisa dibilang unik pasalnya Mereka tidak membutuhkan pembayaran melalui Credit Card atau tunai melainkan hanya dengan tersenyum. Metode pembayaran ini sendiri dikembangkan oleh Yum China Holdings Inc. bekerja sama dengan Ant Financial. Untuk cara kerjanya sendiri metode ini menggunakan teknologi pengenalan wajah atau Face Recognition System. Pertama pembeli memilih menu makanan terlebih dahulu lalu sistem akan memindai wajah setelah itu pembeli harus memasukan nomor telepon agar menghindari dari penipuan dan pemalsuan identitas, Nah untuk alatnya sendiri Mereka menggunakan kamera 3D dan deteksi algoritma sehingga metode Smile to Pay ini hanya bisa digunakan oleh identitas yang bersangkutan dan tak bisa digunakan orang lain. Alat ini pun bisa dibilang sangat canggih loh, Jadi meskipun pembelinya sama jika dia memakai make up yang berbeda atau bahkan memakai wig alias rambut palsu, maka alat tersebut akan mengenalinya sebagai orang lain, dan tidak bisa untuk melanjutkan transaksinya.

 

Bayar Memakai Chip (SJ Microchip Implants)



Apakah Kamu pernah melihat sebuah adegan Film yang dimana biasanya ada sebuah Chip tertanam di lehernya, Jika iya maka hal itu bisa dikatakan sudah benar-benar ada di Dunia nyata loh tetapi bedanya Chip tersebut akan diletakan di dalam pergelangan tangan. Yup, Namanya adalah SJ Microchip Implants yang digunakan sebagai alat pembayaran metode alternatif, Pada tahun 2015 yang lalu sebuah Negara di Dunia tepatnya Swedia mulai menggunakan teknologi ini tepatnya dipakai untuk pembayaran SJ Rail. Cara kerjanya sendiri bisa dibilang cukup mudah, Dimana petugas cukup memindai tangan penumpang kereta, karena Chip tersebut sudah menyimpan informasi akun tiket pribadi. Metode ini mungkin bisa dibilang kurang efektif atau populer karena Masyarakat menyimpulkan proses implan Chip-nya sendiri terbilang merepotkan dan berisiko. Selain itu, risiko lainnya yang dihadapi adalah teknologi ini bisa saja disalahgunakan dan malah merugikan banyak orang. Ditambah lagi terdapat masalah kesehatan saat melakukan implan, seperti infeksi atau reaksi negatif pada sistem kekebalan tubuh. Namun meskipun begitu beberapa perusahaan di Swedia sudah menerapkan teknologi ini pada karyawannya dengan tujuan agar dapat mempercepat akses masuk ke dalam gedung dan untuk membayar makanan di kantin.

 

Bayar Memakai Tatapan Mata (Retinal Scan Payment)



Tidak jauh berbeda dengan Smile to Pay, Metode unik selanjutnya adalah Retinal Scan Payment yakni sebuah metode yang bertransaksi menggunakan tatapan mata. Metode ini sendiri telah digunakan di Negara Jepang yang dimana Smartphone buatan Negara tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi Pengenalan Selaput Pelangi Mata (iris recognition), Tentu para pengguna harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu dan cara kerjanya sendiri bisa dibilang cukup mudah dimana cukup menyorotkan pandangan mata di layar kamera smartphone saja, karena smartphone ini juga telah dilengkapi dengan fitur Biometric Eye Print. Sebenarnya metode ini bisa meledak di pasaran akan tetapi Kita belum memastikan kapan aplikasi besutan Negara Jepang tersebut mulai merambah ke Negara lain.

 

Bayar Dengan Gelang Atau Cincin



Buat Kamu yang tetep ingin tampil kece mungkin perlu ya menggunakan metode pembayaran yang satu ini, Fungsinya sendiri tidak berbeda jauh dengan kartu kredit hanya saja dibuat lebih keren dan elegan dan untuk teknologinya sendiri menggunakan NFC (Near Field Communication) yang kini sudah diterapkan pada banyak Smartphone canggih. Jadi cara kerjanya sendiri cukup mudah, cukup dekatkan gelang ke mesin NFC lalu sistem akan memotong saldo sesuai jumlah pesanan yang ada. Berlaku juga untuk yang menggunakan cincin, Jadi cincin pintar tersebut akan terhubung langsung dengan kartu kredit Kamu namun untuk metode ini sendiri hanya berlaku bagi pemegang Visa Amerika Serikat. Kalau di Indonesia ya sudah ada sih semacam untuk pembayaran LRT, Bus Rapid atau pembayaran TOL, Dan T-Cash milik Telkomsel-pun sudah menggunakan metode ini loh. Kamu cukup menempelkan semacam Bros T-Cash dan tentunya berisi saldo ya di belakang smartphone lalu jika ingin berbelanja tinggal dekatkan saja Bros tersebut ke mesin yang tersedia.

Next

Related Post


EmoticonEmoticon