Selasa, 16 Oktober 2018

Gangguan Kelainan Psikologis Paling Aneh Di Dunia

Kelainan merupakan suatu hal yang biasanya hanya diderita oleh sedikit Orang di Dunia karena banyak faktor sebagai penyebabnya mulai dari guncangan jiwa maupun faktor keturunan. Di Dunia ini banyak bermacam-macam jenis kelainan yang belum diketahui secara umum, seperti yang akan Kita bahas kali ini yakni Gangguan Kelainan Psikologis Paling Aneh Di Dunia.


1. Fregoli Delusion



Fregoli Delusion atau bisa disebut juga sebagai Delusi Frigoli merupakan sebuah kelainan psikologis yang dimana penderitanya menyangka bahwa semua Orang di Dunia ini adalah Orang yang sama. Mereka juga menganggap bahwa Orang-orang tersebut selalu berubah penampilan ataupun penyamaran sehingga membuat penderitanya merasa paranoid atau takut secara berlebihan. Selain menganggap semua Orang adalah sama, Pengidap penyakit ini juga kesulitan untuk mengingat Benda, Tempat maupun Peristiwa yang terjadi. Sindrom ini biasanya muncul pada penderita Skizoprenia, Demensia, Epilepsi, atau Cedera Otak Traumatik. Sindrom ini pertama kali dilaporkan pada tahun 1927 yang dimana terjadi pada seorang Wanita berusia 27 tahun asal London, Inggris. Awal mulanya adalah ketika Dia percaya bahwa sedang dikejar dua Orang Aktor yang sering ditontonnya. Menurutnya, dua Irang Aktor tersebut memainkan peran menjadi Orang lain yang ia kenal atau sering djtemuinya. Untuk penyebab dari delusi ini secara umum adalah karena terjadi cedera pada otak.

 

2. Apotemnophilia



Berbeda dengan kelainan psikologis diatas, Yang satu ini bisa terbilang cukup ekstrim karena penderita Apotemnophilia selalu merasakan bahwa tubuhnya selalu bermasalah dan ingin memotongnya meskipun sebenarnya tubuh tersebut baik-baik saja. Kelainan yang memiliki nama lain Body Integrity Identity Disorder (BIID) ini membuat penderita merasakan agar mengamputasi salah satu atau malah seluruh bagian tubuhnya sendiri, Hal ini disebabkan karena peta terhadap citra tubuh penderita telah hilang sepenuhnya. Penderita sindrom ini biasanya di derita oleh Anak-anak bermasalah di dalam rumah, seperti karena selalu dianiaya, atau bahkan katena tidak mendapatkan kasih sayang dari kedua orangtua. Dengan melakukan amputasi, Mereka merasa seolah-olah dicintai dan diperlakukan lebih baik. Bahkan, tak jarang juga ada yang melakukan amputasi ini hanya untuk kepuasan pribadi. Tidak cuma itu, Penderita sindrom ini juga akan datang dan meminta rumah sakit untuk mengamputasi salah satu bagian tubuhnya dan jika Mereka menolak, Penderita dari sindrom ini akan melakukan hal nekat yakni memotongnya sendiri atau bahkan sengaja membiarkan dirinya terlindas oleh kendaraan. Kalau Kamu punya kerabat yang bertingkah atau memiliki ciri-ciri diatas, Sebaiknya langsung dibawa ke psikiater atau ahli kejiwaan karena akan berbahaya bagi dirinya sendiri jika tidak langsung ditangani.

 

3. Lycanthropy



Sindrom Lycanthropy merupakan sebuah sindrom yang membuat penderitannya mempercayai bahwa Mereka bisa berubah menjadi sosok Serigala, Hmm jadi inget GGS (Ganteng Ganteng Serigala). Gejala-gejala yang akan ditunjukan oleh penderita adalah Mengeram, Berjalan dengan Tangan dan Kaki, Menggigit barang-barang di sekitar, serta Memakan makanan yang tidak lazim. Tidak cuma berubah menjadi Serigala, Mereka juga bisa berimajinasi menjadi hewan lainnya seperti Harimau atau Macan. Sindrom ini sendiri telah ditemukan pada tahun 1852, di mana seorang Pria dikirim ke rumah sakit jiwa di Nancy, Prancis karena percaya dia telah berubah menjadi seekor serigala. Pria ini juga membayangkan bahwa tubuhnya dipenuhi oleh bulu dan meminta daging mentah serta membuka mulutnya seolah memiliki taring tajam. Mengapa Sindrom tersebut terjadi,Kelainan ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada sistem saraf otak, yang dimana otak Mereka akan menerjemahkan setiap stimulus yang masuk lalu meresponnya sebagai sosok Serigala maupun hewan lainnya. Karena kelainan ini terjadi bersamaan dengan gangguan jiwa Bipolar, maka penanganannya juga harus dengan menggunakan pengobatan untuk menyembuhkan Bipolar.

 

4. Koro Syndrome



Berbeda dengan Sindrom-sindrom diatas, Kelainan Koro Syndrom ini terbilang cukup unik yang dimana penderitanya akan merasakan bahwa alat kelaminnya menyusut atau menghilang ke dalam tubuhnya padahal sebenarnya tidaklah demikian. Penderita ini biasanya di idap oleh Laki-laki namun tak jarang juga terjadi pada Perempuan tapi bukan alat kelaminnya melainkan puting susunya yang menyusut atau menghilang. Gejalanya sendiri selalu sama yakni merasa kesemutan di penis disusul dengan serangan panik. Dalam kasus yang lebih ekstrem, Lak-laki bahkan akan berpikir penis Mereka akan tertarik kembali ke daerah perut sampai benar-benar menghilang. Orang yang menderita Koro Syndrome dikenal di Amerika Serikat dan Eropa sebagai Sindrom Retraksi Genital (Genital Retraction Syndrome) yang dimana percaya bahwa Mereka akan mati begitu penisnya menghilang. Meskipun mengatakan hal tersebut, Sebenarnya laporan tentang kasus meninggalmya Orang yang mengidap Sindrom ini tidak pernah ada. Akan tetapi malah sebaliknya yaitu membuat Orang lain meninggal, Hal ini disebabkan karena Penderita Sindrom Koro menuduh seseorang yang secara tidak sengaja menyentuh alat vitalnya sebagai "Pencuri". Penderita percaya bahwa senggolan secara tidak sengaja dengan orang asing tersebut dapat menyebabkan alat vitalnya hilang secara tiba-tiba, dan menganggap bahwa orang lain yang telah mencurinya. Kelainan ini biasanya menyerang pemuda di wilayah Asia, seperti Jepang, Tiongkok, Singapura, bahkan India. Namun tak jarang pula ada di Negara-negara barat bahkan Afrika.

Next

Related Post


EmoticonEmoticon