Rabu, 24 Oktober 2018

Material Langka Dan Termahal Di Dunia

Pernahkah kalian mendengar tentang apa itu zat? tentu di dalam pelajaran Kimia banyak yang akan kalian temukan mulai dari zat cair, gas maupun padat. Namun tahukah Kamu tentang beberapa material atau zat yang memiliki harga fantastis di Dunia? Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor antara lain yaitu merupakan barang yang langka atau bahkan karena sulitnya proses dalam pembuatannya. Nah kali ini Kita akan membahas tentang beberapa Material Langka Dan Termahal Di Dunia.


Tritium - 30.000 USD/gram



Tritium merupakan sebuah material yang berbentuk gas dan biasanya digunakan sebagai penerangan, Sebagai contoh adalah Tritium ilumination. Nah mengapa harganya sangat mahal? Untuk menciptakan 1 Pound Tritium atau setara dengan 453 Gram Tritium sendiri membutuhkan biyaya sedikitnya adalah 15 Juta USD atau jika dikurs ke dalam rupiah (Rp.15.200) setara dengan Rp.228 Miliar. Diluar itu, Setiap 1 Gram Tritium dijual kurang lebih 30.000 USD/gr (Rp.456 Juta). Perlu diketahui Tritium sendiri masih tergolong sebagai zat radioaktif sehingga tidak bisa diciptakan secara sembarangan, Lalu untuk cara pembentukan Tritium adalah dengan melakukan interaksi antara atmosfer dengan sinar kosmik. Tritium inilah yang membuat fosfor dapat menyala dan nantinya digunakan untuk menciptakan alat yang namanya betalight. Gak cuma itu Tritium juga bisa digunakan sebagai alat untuk memeriksa ysirkulasi laut dan ventilasi.

 

Berlian - 50.000 USD/gram



Siapa sih di Dunia ini yang gak kenal dengan Berlian? Ya, biasanya material Berlian digunakan untuk membuat sebuah perhiasan dan tentunya harga dari Berlian ini sangat mahal, maka dari itu jika seorang Wanita diberikan batu material ini sebagai aksesoris pasti hatinya akan merasa senang. Berlian juga dikenal sebagai salah satu material langka dan sulit untuk menemukannya serta proses pembuatannya yang harus sangat berhati-hati, dari sinilah mengapa material tersebut berharga fantastis berkisar 50.000 USD atau setara Rp.760 Juta (Kurs Rp.15.200). Karena sifatnya yang keras, potongan terkecil dari berlian sendiri bisa digunakan untuk memotong kaca bahkan dapat melubangi batu loh. Beberapa peneliti juga telah melakukan uji coba terhadap berlian yang digunakan untuk melawan kanker payudara dan hati. Sedangkan elektroda yang terkandung di dalam berlian dikatakan bisa dimasukan ke dalam retina mata untuk membantu orang buta agar bisa melihat lagi.

 

Californium - 27 Juta USD/gram



Dulunya Californium masuk dalam posisi ke 2 sebagai material paling mahal dan terlangka di Dunia. Material ini pertama kali di sintesis pada tahun 1950 di University of California Radiation Laboratory dan masuk dalam zat radioaktif. Untuk menemukan material ini di Bumi bisa dikatakan sangat mustahil karena Californium harus dibuat dengan akselerator partikel atau reaktor nuklir. Californium juga sangat sulit dilarutkan di dalam air akan tetapi dapat menyatu dengan baik pada tanah. Gak cuma itu, Konon katanya hanya dengan satu microgram Californium dapat melepaskan kurang lebih sekitar 170 juta partikel Neutron dan untuk harga per gramnya sendiri mencapai Rp.410 Miliar kurs (Rp.15.200).


Buckminsterfullerene - 150 Juta USD/gram



Buckminsterfullerene merupakan salah satu material yang berhasil menggeser posisi dari Californium di urutan ke dua. Material ini juga memiliki nama lain yakni Bucky ball yang dimana terkandung 60 atom karbon dengan atom nitrogen yang ditempatkan di dalamnya. untuk harga dari 1 gram Buckminsterfullerene bisa mencapai 150 juta USD atau setara dengan Rp.2,2 Triliun, Wow! Kenapa harganya sangat mahal? Hal ini disebabkan karena material tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat satu jam atom berukuran kecil yang bisa dipindah tempat. Sedikit informasi tentang Jam atom, merupakan sebuah jenis jam yang menggunakan standar frekuensi resonansi atom sebagai penghitungnya dan dimasa sekarang ini ukuran dari jam atom yang ada yakni sebesar ruangan. Gak cuma itu material ini juga bisa digunakan sebagai navigasi GPS dengan tingkat akurasi mencapai 1 mm.

 

Antimateri - 62,5 Triliun USD/gram



Yang menempati urutan pertama sebagai material termahal dan terlangka di Dunia adalah Anti materi, yakni sebuah materi yang tidak bisa ditemukan secara alami di seluruh bagian Bumi. Material ini sendiri terdiri dari anti partikel dari partikel yang menyusun materi biasa, Untuk menemukan material ini biasanya adalah ketika terjadi Big Bang (sebuah ledakan dan teori tentang asal mula terciptanya Bumi) Itupun dengan jumlahnya yang masih sangat-sangat sedikit. Anti materi memiliki sifat yang bisa menghancurkan apapun bila bertemu dengan materi yang sejenis. Gak cuma itu, untuk bisa menghasilkan 1 miligram positron bisa memakan biaya hingga 25 juta USD hampir setara dengan harga Californium. Dan harga unruk satu gramnya bisa dihargai hingga 62,5 triliun USD atau setara dengan banyak banget deh kalkulator mimin enggak cukup pokoknya diatas triliun, berapa tuh kira kira. Mengapa sangat mahal? Dari sebuah penelitian anti materi ini nantinya bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk pesawat luar angkasa di waktu yang akan datang tapi gak tahu kapan soalnya untuk menemukan anti materi aja sangat sulit.

Next

Related Post


EmoticonEmoticon